Rabu, 18 Desember 2013

skill.lab



        Langkah-langkah Penggunaan Metode Pembelajaran Skill lab
Langkah-langkah metode pembelajaran praktek tidak berbeda jauh dari langkah-langkah metode pembelajaran yang telah disebutkan sebelumnya. Perbedaannya terletak pada masalah teknis yang disebabkan oleh obyek dan ruang lingkup pelaksanaan yang berbeda. Langkah-langkah pembelajaran praktek di laboratorium atau bengkel meliputi:

     Langkah Perencanaan
- Melakukan anilisis kurikulum dengan mempelajari keterampilan yang akan diajarkan dengan merujuk pada kurikulum dan lilabus meliputi standar kompetensi, prosedur kegiatan, dan kondisi yang diperlukan untuk melatih keterampilan yang sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI).
-  Membuat lembar kerja yang sedikitnya terdiri dari; tujuan pembelajaran, rangkuman teori, langkah-langkah kerja, dan evaluasi
-  Memeriksa kesiapan peralatan dan perangkat pendukung lain yang diperlukan 
-  Melakukan uji coba dan menyempurnakan lembar kerja yang telah dibuat menjadi lembar kerja akhir yang akan digunakan
-  Membuat panduan penilaian yang meliputi langkah-langkah kunci yang harus dikerjakan siswa dengan benar dan hasil-hasil yang harus dicapai siswa

2    Langkah Persiapan
-  Memeriksa kembali peralatan dan perangkat pendukung yang telah disiapkan
-  Menjelaskan kepada siswa gambaran umum simulasi dalam kaitannya dengan topik yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
-  Membagikan lembar kerja kepada siswa
-  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya guna memperjelas pemahamannya terhadap kegiatan praktek yang akan dilaksanakan.


3     Langkah Pelaksanaan
-  Menginstruksikan kepada siswa untuk melaksanakan langkah-langkah kegiatan praktek sesuai dengan lembar kerja
-  Melakukan koreksi terhadap siswa yang melakukan kesalahan
-  Membuat catatan tentang hal-hal yang perlu didiskusiakan setelah kegiatan praktek

4    Langkah Evaluasi dan Penutup
-  Mengajukan sejumlah pertanyaan terkait dengan kegiatan praktek yang telah dilaksanakan sesuai dengan catatan yang telah dibuat selama kegiatan praktek belangsung
-  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan komentar terkait dengan kegiatan praktek yang telah dilaksanakan
-  Membuat rangkuman sesuai dengan tujuan pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar